Beranda / Berita

PENYAMPAIAN MATERI TEKNIS PENYELENGGARAAN SPIP DI LINGKUNGAN KPU

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 June 2021


Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur Yulyani Dewi dalam Focus Group Discussion dan Rapat Koordinasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) KPU Provinsi/Kabupaten/Kota Se- Provinsi Jawa Timur, yang diselenggarakan pada Hari Kamis Tanggal 3 Juni 2021 Pukul 09.00 WIB oleh KPU Provinsi Jawa Timur secara daring menyampaikan materi teknis penyelenggaraan di lingkungan KPU.

Kepada para peserta yang terdiri dari Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Sub Koordinator Hukum, dan Satgas SPIP KPU Kabupaten/Kota Se- Provinsi Jawa Timur, Yulyani Dewi menjelaskan bahwa tahapan penyelenggaraan SPIP terdiri dari Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Pelaporan.

“Tahap persiapan dilakukan melalui pembentukan SATGAS SPIP, Pemahaman (Knowing), Pemetaan, dan Penyusunan rencana Kerja Pengembangan SPIP,” jelas Yulyani Dewi.

“Sedangkan tahapan pelaksanaan dimulai dari Pembangunan Infrastruktur (norming), Internalisasi, dan Pengembangan Berkelanjutan (Performing),” terang Yulyani Dewi.

“Untuk tahap pelaporan, dapat dimulai dengan menguraikan pelaksanaan kegiatan, hambatan kegiatan, saran perbaikan, serta tindak lanjut atas saran pada peridoe sebelumnya,” imbuh Yulyani Dewi.

Yulyani Dewi juga menjelaskan outline dan urgensi pelaporan SPIP. “Laporan Penyelenggaraan SPIP merupakan bentuk akuntabilitas KPU atas penyelenggaraan SPIP di lingkungan KPU,” tegas Yulyani Dewi.

“Laporan SPIP sebagai alat bantu KPU untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan SPIP di KPU, KPU/KIP Provinsi, KPU/KIP Kabupaten/Kota dan dapat digunakan sebagai bahan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SPIP di lingkungan KPU,” lanjutnya.

“Kegiatan yang dilaporkan adalah seluruh pelaksanaan langkah-langkah yang terdapat dalam Pedoman Penyelenggaraan SPIP KPU, KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, yang memuat informasi pelaksanaan kegiatan, hambatan kegiatan, serta saran,” pungkas Yulyani Dewi.


(ADMIN)