Beranda / Berita

PENYELENGGARAAN SHALAT IDUL ADHA DAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN TAHUN 1441 H

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 30 July 2020


PENYELENGGARAAN SHALAT IDUL ADHA DAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN TAHUN 1441 H

Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Penetapan tersebut menyesuaikan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan dan penularan penyebaran COVID - 19. Diharapkan pelaksanaan Idul adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung dengan aman sekaligus meminimalisir risiko akibat terjadinya kerumunan.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara bergotong royong dimulai dari proses penyembelihan, pengulitan, pencacahan, dan pendistribusian hewan kurban dengan menyesuaiakan prosedur pelaksanaan tatanan normal baru (new normal). Tempat penyelenggaraan kegiatan shalat Idul adha dan penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan disemua daerah dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah setempat, kecuali pada tempat - tempat yang dianggap masih belum aman COVID - 19 oleh pemerintah Daerah/Gugus Tugas Daerah.

Beberapa persyaratan shalat Idul Adha 1441 H yang pelaksanaanya di lapangan/masjid/ruangan diantaranya menyiapkan petugas untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan, melakukan pembersihan dan disinfeksi, membatasi jumlah pintu keluar dan masuk, menyediakan fasilitas cuci tangan/sabun/hand sanitizer di pintu masuk dan keluar, menyediakan alat pengecekan suhu tubuh, menerapkan pembatasan jarak minimal 1 meter, mempersingkat pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Khutbah tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukun, tidak mewadahi sumbangan, menghindari kontak fisik, menggunakan masker, serta membawa alat shalat pribadi.

Sedangkan dalam penyembelihan hewan kurban beberapa persayaratan yang harus dipenuhi adalah menerapkan physical distancing, menerapkan kebersihan personal panitia, dan menerapkan kebersihan peralatan. Dengan beberapa persyaratan tersebut diharapkan pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan COVID - 19.

(Sumber : Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19)


(ADMIN)