Beranda / Berita

PERAYAAN ISRA MI’RAJ DITENGAH PANDEMI COVID – 19

Ditulis Oleh: Admin Tanggal: 22 March 2020


Isra Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW bertemu Allah SWT ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh dalam satu malam saja. Perjalanan ini merupakan hiburan untuk Rasulullah setelah diberikan cobaan berupa ditinggal orang terdekatnya. Istri Nabi, Khadijah dan Paman Abu Thalib yang selalu membela Nabi, sekaligus menerima perintah salat wajib lima waktu setiap hari. Isra Miraj diperingati setiap 27 Rajab yang bertepatan dengan Minggu Tanggal 22 Maret Tahun 2020.

Salah satu hikmah memperingati Isra Miraj adalah anjuran untuk mengimplementasikan nilai-nilai ibadah shalat dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah shalat menempati posisi yang sangat utama dalam ajaran Islam. Shalat diibaratkan sebagai tiang agama dan dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Shalat juga dapat mendidik seorang Muslim menjadi pribadi yang bersih, jujur, sabar, dan disiplin. Hal tersebut juga diterapkan oleh Pegawai KPU Kota Malang yang 100 % beragama Islam.

Ditengah merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pegawai di KPU Kota Malang menjadikan nilai-nilai ajaran shalat sebagai bekal untuk menanggulangi wabah virus corona. Shalat melatih diri untuk sabar dan disiplin serta edukasi internal melalui pembiasaan hidup sehat. Pembiasaan hidup sehat bisa melalui perilaku hidup bersih dan sehat, dan disiplin melakukan social distancing agar dapat menghambat penularan Covid – 19.

Himbauan pemerintah untuk tidak mengadakan acara yang melibatkan massa dalam jumlah banyak juga berdampak pada Perayaan Hari Isra Mi’raj di Tahun 2020 ini. Namun hikmah lain yang didapat adalah shalat mencegah perbuatan keji dan mungkar, sehingga kualitas salat akan berdampak pada kesalihan personal dan sosial. Salah satunya, peduli kepada sesama dengan sementara waktu menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa dan berpotensi menjadi media penyebaran COVID-19.


(Admin)