Beranda / Berita

PERINGATAN HARI AIDS 1 DESEMBER 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 1 December 2020


Hari AIDS pada 1 Desember 2020 ini mengambil tema Global Solidarity Shared Responsibility. Penyakit yang dilambangkan dengan lengkungan pita berwarna merah ini pertama kali ditemukan di Indonesia pada Tahun 1987 di Bali. Lengkungan pita merah digambarkan sebagai kebalikan dari huruf “V” yang melambangkan Victory, dimana disini lambang AIDS adalah unvictory karena sampai saat ini manusia masih belum “menang” untuk melawan AIDS.
Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini ditularkan melalui darah, air mani, dan air susu ibu (ASI). Sementara cara penularannya adalah melalui hubungan sex dengan penderita AIDS, penggunaan jarum suntik yang berganti-ganti dan tidak steril, pada saat kehamilan, persalinan dan menyusui, serta transfusi darah. Orang atau kelompok yang beresiko tinggi tertular AIDS adalah pekerja seks komersial dan pengguna napza. Saat ini kasus AIDS tidak hanya ditemukan pada kelompok-kelompok rentan tersebut, namun dapat menyebar ke semua orang tanpa terkecuali.
AIDS bukan hanya masalah kesehatan, namun juga masalah sosial tersendiri. Penyakit yang belum bisa disembuhkan ini membawa stigma negatif bagi penderitanya, stigma negatif tersebut muncul dari lingkungan sekitar dan bahkan dari dalam diri penderita sendiri. Hari AIDS sedunia dirayakan untuk secara terus-menerus membangun kesadaran kita tentang bahaya penyakit ini dan untuk mengedukasi diri kita sendiri tentang penyakit AIDS dan bagaimana seharusnya kita memperlakukan orang dengan HIV-AIDS (OHDA) agar tidak serta merta menyematkan stigma buruk terhadap mereka.
Setiap tahunnya di dunia, PBB bersama-sama dengan pemimpin negara-negara di seluruh dunia serta masyarakat peduli AIDS mengkampanyekan tema dengan mengambil isu yang berbeda terkait penyakit ini. Tujuannya tetap sama yaitu untuk membangkitkan aktifitas-aktifitas kepedulian terhadap AIDS dan OHDA di seluruh dunia, membuat sebanyak mungkin orang menggenakan pita merah lambang AIDS untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas terhadap OHDA, membuat orang-orang yang hidup dengan OHDA maupun OHDA itu sendiri mampu menyuarakan pendapat atau ide-ide penting yang mereka miliki, serta membuat berbagai event dan meningkatkan pendanaan terkait dengan AIDS.


(ADMIN)