Beranda / Berita

PERINGATAN HARI DONGENG INTERNASIONAL (WORLD STORYTELLING DAY) 20 MARET TAHUN 2021

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 20 March 2021


Dongeng merupakan salah satu bentuk "tradisi lisan" berupa tuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat. Kegiatan mendongeng dapat berdayaguna dan berhasil guna untuk membiasakan sikap dan perilaku positif. Hal tersebut dikarenakan cerita atau kisah dalam dongeng biasanya menarik dan unik.

Manfaat membaca dongeng diantaranya dapat memberikan contoh budaya membaca dan berbicara, meningkatkan minat baca buku, meningkatkan kemampuan agar terbiasa menyampaikan cerita/dongeng dari buku yang telah dibaca, meningkatkan kemampuan atau daya pikir yang tinggi dalam menyimak dan mendengarkan, menumbuhkan jiwa karakter peduli, inovatif, dan imajinatif, serta tergambarkan dan tersampaikannya pesan moral yang mendidik dari dongeng atau cerita yang dibacakan.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari kegiatan membaca dongeng, pada Tanggal 20 Maret 2021 ditetapkan sebagai Peringatan Hari Dongeng Internasional.

Dilansir dari Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hari Dongeng Sedunia diperingati berawal dari Hari Nasional Mendongeng di Swedia, sekitar tahun 1991-1992 atau yang dikenal dengan "Alla Beratteres Dag" (All Storytellers Day) atau berarti Hari Pendongeng. Setelah itu para pedongeng di Perth, Australia mengadakan peringatan serupa "Celebration of Story" pada 20 Maret 1997 yang juga dikenal sebagai hari "International Day of Oral Narrators". Di waktu yang bersamaan, di Meksiko dan beberapa negara di Amerika Selatan memperingati tanggal 20 Maret 1997 sebagai Hari Dongeng Nasional. Sejak saat itu tanggal 20 Maret sebagai Hari Dongeng Internasional.

Dari kegiatan mendongeng dapat direpresentasikan gambaran serta pesan moral yang akan disampaikan. Bagi para pelajar dongeng dapat media belajar yang aktif dengan sifatnya yang tidak menggurui atau menasehati secara terang-terangan, sehingga membuat para pelajar merasa nyaman dalam menangkap pesan yang disampaikan.

Dari kegiatan membaca dongeng pun bermanfaat untuk melestarikan cerita asli atau legenda masyarakat Indonesia yang syarat akan pesan moral untuk mendidik para pendengarnya. Seperti Legenda Tangkuban Perahu, Legenda Candi Prambanan, Legenda Malin Kundang, Legenda Banyuwangi, Legenda Danau Toba, Legenda Situ Bagendit, Legenda Bandung Bondowoso, Legenda Si Pahit Lidah, serta masih banyak legenda atau cerita asli masyarakat Indonesia sebagai bahan dongen untuk menyampaikan pesan kebaikan.


(ADMIN)