Beranda / Berita

PERINGATAN HARI KANKER ANAK INTERNASIONAL

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 15 February 2021


Hari Kanker Anak Internasional (HKAI) yang diperingati setiap tanggal 15 Februari merupakan kampanye global kolaborasi semua negara untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit kanker yang menyerang anak-anak dan untuk menyalurkan dukungan bagi anak-anak maupun remaja penderita kanker, survivor kanker, dan tentunya keluarga mereka. Kampanye HKAI ini menginformasikan peningkatan apresiasi dan pemahaman mengenai tantangan dan permasalahan yang dihadapi dan berdampak pada penderita kanker maupun lingkungan terdekatnya. Materi kampanye juga menyoroti akses terhadap pengobatan dan perawatan bagi anak-anak penderita kanker dibelahan dunia manapun.

Dilansir dari laman worldchildcancer.org sekitar 300.000 anak diprediksikan terkena kanker setiap tahunnya dan dari jumlah tersebut, 80% adalah anak-anak yang tinggal di negara-negara berpenghasilan menengah kebawah. Jumlah anak-anak penderita kanker meningkat dan berbanding terbalik dengan menurunnya jumlah kematian akibat penyakit menular di seluruh dunia.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan perbedaan jumlah anak-anak penderita kanker di negara-negara dengan tingkat penghasilan tinggi, menengah, dan rendah. Diantaranya adalah kurangnya fasilitas diagnostik, kurangnya tenaga ahli untuk menangani kanker dan kompleksitasnya, pengabaian pengobatan yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang kanker baik oleh penderita maupun perawatnya, dan kurangnya akses pada pasokan obat yang konsisten dan terjangkau. Disamping itu pengobatan juga masih banyak yang bersifat kuratif (mengobati penyakit atau gejala yang ada) dan kurang preventif (pencegahan).

Diharapkan dengan adanya peringatan HKAI dan melalui pesan-pesan yang disampaikan dalam kampanyenya akan mendorong individu maupun organisasi untuk lebih aktif dan terlibat dalam aksi solidaritas untuk menyuarakan, menggabungkan sumber daya dan pemikiran yang dapat membantu dan membuat perubahan terhadap anak-anak penderita kanker serta lingkungan terdekatnya.


(ADMIN)