Beranda / Berita

PERINGATAN HARI KESEHATAN DUNIA 7 APRIL 2021

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 7 April 2021


Setiap tahunnya, pada tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day. Peringatan Hari Kesehatan Dunia tersebut juga menandai berdirinya organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) pada tahun 1948.

Dilansir dari https://tirto.id/, pada Tahun 1948, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya. Pada agenda tersebut, majelis memutuskan untuk merayakan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kalinya pada 1950. World Health Day ini setiap tahun memperhatikan topik kesehatan tertentu yang menjadi perhatian orang-orang di seluruh dunia. Tema Hari Kesehatan Internasional tahun 2021 adalah "Building a fairer, healthier world" (Membangun Dunia Yang Lebih Adil dan Lebih Sehat).

Di Negara kita, kesehatan sendiri merupakan hak asasi manusia dan merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Apabila terjadi gangguan kesehatan pada masyarakat, maka akan berdampak pada kerugian ekonomi yang besar bagi negara. Setiap upaya untuk meningkatkna derajat kesehatan masyarakat merupakan bentukan investasi bagi pembangunan negara.

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercantum tujuan nasional bangsa Indonesia. Tujuan nasional Bangsa Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi serta keadilan sosial. Untuk mencapai tujuan nasional tersebut diperlukan adanya upaya pembangunan kesehatan yang berkesinambungan yang menjadi rangkaian pembangunan yang terarah dan terpadu beriringan dengan bidang lainnya.


(ADMIN)