Beranda / Berita

PERINGATAN HARI KOHANUDNAS 19 FEBRUARI 2021

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 19 February 2021


Setiap Tanggal 19 Februari Tahun 2021 diperingati sebagai Hari KOHANUDNAS (Komando Pertahanan Udara Nasional). Dilansir dari https://tni-au.mil.id/portfolio/kohanudnas/, diawali dengan dibentuknya SOC (Sector Operation Center) pada tahun 1958 yang terdiri dari unsur kekuatan Arhanud Angkatan Darat, Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP), Pasukan Penangkis Serangan Udara (PPSU), Pesawat P-51 Mustang dan Pesawat Jet Vampire, sebagai antisipasi serangan udara PRRI / PERMESTA yang menggunakan pesowat pembom B-26 Mitchel di daerah Jawa dan Sumatera. Kemudian pada tahun 1961-1962 dibentuk Komando Pertahanan Udara Gabungan disingkat KOHANUDGAB dengan tujuan untuk melindungi pusat offensif Mandala Yudha yaitu Wilayah Indonesia Timur. Kohanudgab terdiri dari Kohanud Angkatan Darat, Kohanud Angkatan Laut dan Kohanud Angkatan Udara.

Masih dilansir dari https://tni-au.mil.id/portfolio/kohanudnas/, pada tahun yang sama, 1962, Presiden / Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia mengetuarkan Keputusan Presiden Nomor : 08 / PLM – P5 / 62, tanggal 9 Februari 1962 tentang dibentuknya KOHANUDNAS, menyusul Keputusan Presiden Nomor : 256 / PLT / 1962 tentang Prosedur Komando Pertahanan Udara Nasional, yang selanjutnya tanggal 9 Februani ditetapkan sebagai hari jadi KOMANDO PERTAHANAN UDARA NA5IONAL.

KOHAHUDNAS bertugas menyelenggarakan upaya pertahanan keamanan atas wilayah udara nasional secara mandiri ataupun bekerja sama dengan Komando Utama Operasional lainnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan keutuhan serta kepentingan lain dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menyelenggarakan pembinaan administrasi dan kesiapan operasi unsur-unsur Hanud TNI AU dan melaksanakan siaga operasi untuk unsur-unsur Hanud dalam jajarannya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI sebagaimana dilansir dalam https://tni-au.mil.id/portfolio/kohanudnas/.

Dengan memiliki visi : terwujud dan tegaknya kedaulatan negara di udara, kemudian misi : mewujudkan kekuatan pertahanan udara secara terpadu yang mampu melindungi wilayah udara NKRI, senantiasa menyiagakan personel dan alutsista, mampu menindak setiap pelanggaran di wilayah udara Nasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tercapainya kekuatan alutsista yang berbobot teknologi modern serta mampu menjaga wilayah udara Nasional, mewujudkan Sumber Daya Manusia yang profesional, berdedikasi, mampu mengikuti perkembangan teknologi terkini dan pantang menyerah. Serta enyiapkan potensi kekuatan udara Nasional yang siap dimobilisasi, sebagaimana dilansir dalam https://tni-au.mil.id/portfolio/kohanudnas/.


(ADMIN)