Beranda / Berita

PERINGATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 June 2020


Pada Hari ini, Jum’at 5 Juni Tahun 2020 masyarakat sedunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day). Di lansir dari situs id.wikipedia.org Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang berlangsung antara tanggal 5-16 Juni 1972 di Stockholm. Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Di Indonesia, pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup diatur dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam Undang – Undang tersebut lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup diantaranya penghijauan, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem, melindungi keanekaragaman hayati, serta menggunakan produk yang ramah lingkungan. Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi dan hak konstitusional bagi setiap warga negara Indonesia. Oleh karena itu, negara, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan berkewajiban untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan agar lingkungan hidup Indonesia dapat tetap menjadi sumber dan penunjang hidup bagi rakyat Indonesia serta makhluk hidup lain sebagaimana tertuang dalam penjelasan UU RI Nomor 32 Tahun 2009.


(ADMIN)