Beranda / Berita

PERINGATAN HARI MENCUCI TANGAN SEDUNIA 15 OKTOBER 2020

Ditulis Oleh: KPU Kota Malang Tanggal: 15 October 2020


Dikutip dari https://id.wikipedia.org/ Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

Lebih lanjut dalam laman https://id.wikipedia.org/, dijelaskan kampanye tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah. Menurut UNICEF kurangnya akses untuk air bersih mengakibatkan penurunan tingkat kehadiran anak perempuan disekolah saat mereka memasuki masa puber, karena tidak adanya fasilitas sanitasi yang memadai. Akses air bersih dan sanitasi ditenggarai merupakan dasar penting untuk kehidupan anak-anak diseluruh dunia dilihat dari segi kesehatan, kelangsungan hidup, dan rasa penghargaan terhadap diri mereka. Penyediaan air bersih dan perilaku sanitasi yang baik disekolah juga menjadi salah satu cara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals).

Ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah menjadi kebiasaan dan bagian wajib dari protokol kesehatan yang harus dilaksanakan bersamaan dengan kewajiban mengenakan masker dan menjaga jarak (physical distancing dan social distancing). Dengan mencuci tangan yang baik dan benar sesering mungkin dapat mencegah dan meminimalisir penularan COVID - 19 serta kuman atau bakteri penyebab penyakit lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci tangan yaitu, mulailah mencuci tangan dengan membasahi tangan dibawah air bersih yang mengalir, kemudian menggunakan sabun antiseptik. Kemudian menggosok telapak tangan, punggung tangan, dan sela - sela jari dengan menggunakan sabun. Lalu tidak lupa membersihkan bagian bawah kuku secara bergantian. Gelembung sabun secara efektif dapat mengganggu atau merusak unsur protein atau unsur kimia yang memungkinkan bakteri, virus, dan kuman menempel pada permukaan. Lakukan semua tahapan tersebut dengan seksama sampai bersih, setelah itu bilas tangan dengan air mengalir hingga tidak tersisa busa sabun. Tahap yang terakhir adalah mengelap atau mengeringkan tangan dengan tisu, handuk, atau mesin pengering tangan.


(KPU Kota Malang)