Beranda / Berita

Peringatan Hari Nelayan

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 6 April 2021


Setiap Tanggal 6 April 2021 Negara kita memperingati Hari Nelayan Nasional. Sebagaimana dilansir dari http://indonesiabaik.id/, Peringatan Hari Nelayan yang diselenggarakan setiap tanggal 6 April ini didasari oleh keadaan geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan negara mempunyai tanggung jawab untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk dalam hal ini Nelayan.

Sejalan dengan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, salah satu tujuan pembangunan perikanan dan kelautan diarahkan salah satunya untuk meningkatkan sebesar-besarnya kesejahteraan Nelayan.Sehubungan dengan itu, tingkat pendapatan Nelayan, sangat menggantungkan hidupnya pada hasil Usaha Perikanan.

Maka dari itu tujuan Peringatan Hari Nelayan menjadi bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.


(ADMIN)