Beranda / Berita

PERINGATAN HARI POHON SEDUNIA 21 NOVEMBER 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 21 November 2020


Sabtu 21 November 2020 diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia (World Tree Day). Dilansir dari https://tirto.id/ tujuan diadakannya Hari Pohon Sedunia adalah untuk mengingat dan menghormati jasa dari J Sterling Morton, seorang pencinta alam dari Amerika Serikat. Morton begitu gigih dalam mengampanyekan gerakan menanam pohon dan sikapnya ini tentu punya alasan, karena setiap makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan kontribusi pohon untuk bisa hidup.

Masyarakat perlu mengetahui pentingnya bahwa menanam pohon memiliki sejumlah manfaat sebagaimana dikutip dari Pidato Menteri Kehutanan Tahun 2012, yakni untuk merehabilitasi hutan dan lahan yang terdegradasi/kritis, sebagai wadah konservasi keanekaragaman hayati baik flora dan fauna termasuk ketahanan pangan, menyerap karbon dioksida (CO2) dalam rangka mitigasi perubahan iklim global, serta dalam jangka panjang berkontribusi terhadap penyediaan sandang pangan, energi, dan ketersediaan air tanah bagi kesejahteraan masyarakat.

Pohon sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkan kepada bangsa Indonesia merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya wajib disyukuri. Karunia yang diberikan-Nya, dipandang sebagai amanah, karenanya pohon harus diurus dan dimanfaatkan dengan akhlak mulia dalam rangka beribadah, sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pohon juga memiliki nilai penting sebagai modal pembangunan nasional memiliki manfaat yang nyata agar kehidupan dan penghidupan bangsa Indonesia, baik manfaat ekologi, sosial budaya maupun ekonomi, secara seimbang dan dinamis. Untuk itu pohon harus diurus dan dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara berkesinambungan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, baik generasi sekarang maupun yang akan datang.

Dalam kedudukannya sebagai salah satu penentu sistem penyangga kehidupan, pohon telah memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia, oleh karena itu harus dijaga kelestariannya. Pohon mempunyai peranan sebagai penyerasi dan penyeimbang lingkungan global, sehingga keterkaitannya dengan dunia internasional menjadi sangat penting, dengan tetap mengutamakan kepentingan nasional.


(ADMIN)