Beranda / Berita

PERINGATAN HARI TARI INTERNASIONAL 29 APRIL 2021

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 29 April 2021


etiap Tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Tari Internasional. Dilansir dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/29/112500665/hari-tariinternasional-29-april-bagaimana-sejarahnya-?page=all, sejarah Hari Tari Internasional ini dicetuskan oleh Komite Tari Institut Teater Internasional (ITI) pada tahun 1982. Tanggal 29 April dipilih sebagai Hari Tari Internasional karena bertepatan dengan hari lahir Jean-Georges Noverre (1727-1810). Jean-Georges Noverre merupakan pencipta balet modern.

Bangsa Indonesia dianugerahi kekayaan atas keberagaman suku bangsa, adat istiadat, bahasa, pengetahuan dan teknologi lokal, tradisi, kearifan lokal, dan seni. Keberagaman tersebut merupakan warisan budaya bangsa bernilai luhur yang membentuk identitas bangsa di tengah dinamika perkembangan dunia. Salah satunya adalah tari.

Dari situs https://id.wikipedia.org/ disebutkan bahwa, Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia, hal tersebut dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negeri tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi. Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai tarian khasnya sendiri. Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Tradisi kuno tarian dan drama dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni tari yang dilindungi oleh pihak keraton atau akademi seni yang dijalankan pemerintah.

Lebih lanjut dalam situs https://id.wikipedia.org/ dijelaskan bahwa seni tari di Indonesia dapat digolongkan ke dalam berbagai kategori. Dalam kategori sejarah, seni tari Indonesia dapat dibagi ke dalam tiga era: era kesukuan prasejarah, era Hindu-Buddha, dan era Islam. Berdasarkan pelindung dan pendukungnya, dapat terbagi dalam dua kelompok, tari keraton (tari istana) yang didukung kaum bangsawan, dan tari rakyat yang tumbuh dari rakyat kebanyakan. Berdasarkan tradisinya, tarian Indonesia dibagi dalam dua kelompok; tari tradisional dan tari kontemporer.


(ADMIN)