Beranda / Berita

KPU Sosialisasikan Pemilu kepada Penyandang Disabilitas

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 13 November 2017


TLOGOMAS - Komisioner divisi hukum KPU kota Malang Fajar Santosa mendatangi komunitas Disabilitas Motor Indonesia (DMI), minggu (12/11/2017). Kedatangan komisioner KPU bertujuan mensosialisasikan mengenai tahapan pemilu.

Bertempat di rumah salah satu pegiat komunitas DMI, Sutono, jalan raya Tlogomas No. 110 kota Malang, Fajar menjelaskan bahwa sosialisasi kepada penyandang disabilitas adalah bagian dari komitmen KPU kota Malang untuk melibatkan seluruh lapisan warga negara dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan kepala daerah. "Kami mendorong masyarakat untuk pro aktif dalam Pilkada," kata dia.

Lanjut komisioner KPU, hak memilih dalam pemilu adalah bagian dari hak kebebasan sipil dan politik yang dijamin oleh konstritusi. Untuk mewujudkannya, KPU memiliki gerakan pemilu akses, yaitu gerakan yabg berkomitmen menjadikan pemilu dan pemilihan kepala daerah dapat diikuti dengan mudah untuk penyandang disabilitas. "KPU juga membuka diri bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi bukan hanya sebagai pemilih tapi jugas sebagai penyelenggara pemilu" tambah pria berkacamata ini.

Komunitas DMI sangat antusias menerima paparan sosialisasi. "Saya harap warga disabilitas yang selama pemilu dinilai kurang difasilitasi, pemili mendatang dapat lebih diperhatikan agar bisa menjalankan haknya" harap Sunoto.


(nuzula)