Beranda / Berita

PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL BERDASARKAN PP 23 TAHUN 2020

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 22 May 2020


PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL BERDASARKAN PP 23 TAHUN 2020

Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menyebabkan terganggunya aktivitas perekonomian di Indonesia. Selama Pandemi COVID – 19 kegiatan dunia usaha mengalami gangguan yang signifikan baik dalam proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya yang pada akhirnya mengganggu kinerja perekonomian. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia menetapkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Dan/Atau Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional Pada Tanggal 9 Mei 2020.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional yang merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional sebagaimana dimaksud Pasal 1 angka 1 PP 23 Tahun 2020. Program PEN menjadi salah satu penanganan Pemerintah sebagai tindak lanjut atas penurunan aktifitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi, khususnya sektor internal atau UMKM di tengah Pandemi COVID – 19.

Program ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama Pandemi COVID – 19. Bagi UMKM, Pen diharapkan dapat memperpanjang dan meningkatkan kinerja UMKM itu sendiri yang berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Modal Program PEN berasal dari belanja negara, penempatan dana, penjaminan, penyertaan modal negara, dan investasi pemerintah. Pengawasan dan Evaluasi pelaksanaan Program PEN dilakukan oleh Menteri Keuangan untuk kemudian dilaporkan kepada Presiden.


(ADMIN)