Beranda / Berita

PSBB BERAKHIR, SAMBUT TATANAN MASYARAKAT PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID – 19

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 1 June 2020


Dengan berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Wilayah Kota Malang pada tanggal 30 Mei 2020, maka Kota Malang memasuki masa transisi penerapan masyarakat produktif dana man dari COVID – 19 sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penerapan Masyarakat Produktif Dan Aman Corona Virus Disease 2019.
Dalam Pasal 4 Peraturan Walikota Malang Nomor 19 Tahun 2020 tersebut tahapan pelaksanaan penerapan masyarakat produktif dan aman dari COVID – 19 dilaksanakan secara bertahap. Pentahapan dibagi menjadi 2 (dua), yaitu masa transisi dan masa pelaksanaan. Masa transisi adalah masa peralihan dari kondisi PSBB menuju masyarakat produktif dan aman dalam Pandemi COVID – 19.
Masa transisi dilakasanakan dengan memperhatikan persebaran kasus, kecukupan sarana dan prasarana kesehatan untuk tes COVID – 19, tempat isolasi di rumah sakit, kepatuhan untuk isolasi mandiri, dan surveilans. Kegiatan yang dilakukan pada tahapan penyiapan di masa transisi meliputi, penyiapan SOP, penyiapan sarana dan prasarana, dan pembentukan Satgas pada masing – masing instansi berdasarkan Pasal 5 Ayat (4) Perwali Kota Malang Nomor 19 Tahun 2020 .
Salah satu SOP yang diperlukan bagi Pegawai memasuki masa transisi adalah SOP kegiatan masuk dan kepulangan kerja. Berikut ini adalah langkah – langkah kembali bekerja di Kantor yang dapat dilakukan agar produktif dan aman dari COVID – 19.
Persiapan sebelum berangkat, hindari memakai aksesoris, jika memiliki rambut panjang kuncir atau ikat kerah belakang. Selalu mengenakan masker, dan membawa hand sanitizer atau sabun untuk mencuci tangan. Jika menggunakan transportasi publik, jangan menyentuh area muka, hindari berjabatan tangan, jaga jarak dengan penumpang lain. Jika berkendara dengan mobil pribadi, buka kaca jendela mobil.
Saat diruang publik hindari tempat kerumunan, jaga jarak fisik (2 meter), selalu menggunakan masker atau face shield, menggunakan tisu ketika bersin atau batuk, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer. Saat memasuki kantor, cek temperature suhu badan, bersihkan alas sepatu dengan disinfektan, mencuci tangan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, membersihkan meja kerja dan peralatan dengan disinfektan, menghindari berbagi penggunaan alat kerja, menghindari rapat tatap muka secara langsung jika memungkinkan, membuat alternatif jam dan tempat bekerja yang bisa juga dilakukan di rumah.
Ketika meninggalkan kantor sebaiknya ganti pakaian dan sepatu yang digunakan saat bekerja dengan yang baru, kemudian dimasukkan kedalam tas kantong plastic, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh pakaian kotor. Saat memasuki rumah, mengganti alas kaki ketika sampai, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, cuci langsung pakaian kotor dengan detergen, mandi dan cuci rambut sebelum berinteraksi dengan keluarga. Serta jangan lupa untuk membersihkan rumah secara regular dengan menggunakan disinfektan.


(ADMIN)