Beranda / Berita

Rakor Komisioner dan Sekretariat KPU Kota Malang

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 1 August 2019


Bantaran - Menindaklanjuti Surat KPU Republik Indonesia Nomor 993/PY.02.5-SD/01/KPU/VII/2019 Tanggal 9 Juli 2019 Perihal Penyampaian Laporan Kegiatan Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kota Malang menggelar Rapat Koordinasi Penyampaian Laporan Kegiatan Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019. Rapat yang dihadiri oleh seluruh Komisioner dan jajaran Sekretariat KPU Kota malang dimulai pada Pukul 10.45 di Aula Kantor KPU Kota Malang.
Penyampaian Laporan Tahapan Pemilu Tahun 2019 telah sampai pada Tahapan mengumpulkan data. Terdapat 12 tahapan yang wajib dilaporkan, yaitu Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu, Pembentukan Badan Penyelenggara Ad Hoc, Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, Penataan dan Penetapan Daerah Pemilihan, Pencalonan Anggota DPRD Kota Malang, Logistik, Kampanye, Laporan dan Audit Dana Kampanye, Sosialisasi, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara, Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilu, serta Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih.
Pelaporan untuk setiap tahapan dibagi berdasarkan Tupoksi masing – masing Divisi. Bertindak sebagai Penanggung Jawab Penyampaian Laporan yaitu masing – masing Komisioner KPU Kota Malang, sedangkan Koordinator Penyampaian Laporan oleh Kepala Sub. Bagian, dan sebagai Pelaksana Staf Sekretariat KPU Kota Malang.
Dalam penyusunan Laporan Kegiatan Tahapan Pemilu 2019 ini, Sekretaris KPU Kota Malang Muhamad Sailendra menghimbau untuk dapat berkomunikasi secara baik dan aktif antara Komisioner dan Kesekretariatan agar penyampaian Laporan dapat tepat waktu sesuai jadwal yaitu Tanggal 30 Agustus 2019 kepada KPU Provinsi Jawa Timur.
Agenda Rapat Koordinasi tidak hanya membahas penyampaian Laporan namun juga Pembinaan SDM serta Lomba yang diselenggarakan KPU RI untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke- 74.
Terkait Pembinaan SDM, Sekretaris KPU Kota Malang menekankan pentingnya kedisiplinan dan Apel Pagi guna menambah kebersamaan dan kekompakan.
Selain itu, dibahas juga lomba kebersihan dan pemberian penghargaan untuk Kepala Sub. Bagian terbaik dan pegawai ASN berprestasi.
Sekretaris KPU Kota Malang optimis akan memenangkan Lomba Kebersihan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, karena Gedung dan Bangunan KPU Kota Malang sangat representatif berada ditengah Kota Malang. Dengan didukung sarana dan prasarana tata ruang yang sangat memadai.
Begitu pula dengan penghargaan bagi Kepala Sub Bagian dan Staf Fungsional Umum berprestasi, jelas tidak diragukan bahwa KPU Kota Malang memiliki SDM yang unggul dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Hal tersebut menjadi tantangan dan pertimbangan tersendiri bagi para Pejabat di KPU Kota Malang untuk menjatuhkan pilihan.
Di bidang pemutakhiran data, proses pemutakhiran Daftar Pemilih Khusus masih terus dilaksanakan. Tidak kurang dari 819 DPK yang sudah valid diidentifikasi dan di Upload pada Sidalih, jelas Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Nur Zaini Wikan Utomo.
Rapat Koordinasi berlangsung tertib hingga pukul 12.30 WIB.


(ADMIN)