Beranda / Berita

RAKOR PERSIAPAN PLENO PENETAPAN PEROLEHAN KURSI DAN CALON TERPILIH ANGGOTA DPRD KOTA MALANG TAHUN 2019

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 2 July 2019


Alt Image

Bantaran - Memasuki Penghujung Tahapan Pemilu Legislatif 2019, KPU Kota malang menggelar Rapat Koordinasi Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Bersama Instansi terkait seperti Bawaslu Kota Malang, Bakesbangpol, Sekretariat DPRD Kota Malang, Polresta Kota Malang, dan Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu di Aula KPU Kota Malang Tanggal 2 Juli 2019.
Rapat koordinasi tersebut dibuka pukul 13.00 oleh Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas. Tujuan dari pelaksanaan Rapat Koordinasi dengan stakeholder terkait, agar pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang Pada Pemilu Tahun 2019 yang akan diselenggarakan besok, Rabu 3 Juli 2019 di Hotel Santika Premiere Malang berlangsung secara lancar dan kondusif
Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas menjelaskan gambaran agenda Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang Pada Pemilu Tahun 2019 terdiri dari, Pembukaan oleh Pembawa Acara, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan, dan Pembacaan Perolehan Kursi.
Metode konversi perolehan suara partai ke kursi di Pemilu 2019 ini menggunakan metode Sainte Lague.
Sesuai dengan ketentuan Pada Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019, tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017, tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, jadwal penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten/Kota, paling lama 3 (tiga) hari setelah Mahkamah Konstitusi mencantumkan permohonan perselisihan hasil Pemilu, dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Dengan demikian, Jadwal Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Malang Pada Pemilu Tahun 2019 telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Hal tersebut ditegaskan oleh Anggota KPU Kota Malang Divisi Teknis Pemilu, Deny Rachmat Bachtiar, “Tidak ada permohonan PHPU untuk Pemilihan Umum Anggota DPRD Kota Malang Tahun 2019.
Selain itu, Deny Rachmat Bachtiar juga mengingatkan kembali tentang kewajiban penyerahan Tanda Terima LHKPN bagi Calon Anggota DPRD Kota Malang Potensi Terpilih sebagai syarat yang harus dilengkapi untuk pelantikan. Penyampaian berkas tersebut paling lambat 7 hari setelah tanggal penetapan. Konsekuensi bagi Calon Anggota DPRD Kota Malang Potensi Terpilih yang belum menyerahkan adalah penundaan proses pelantikan calon tersebut.
Rapat berlangsung selama 2 jam, yang diakhiri pada pukul 15.00 WIB. oleh Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas.


(ADMIN)