Beranda / Berita

RENCANA STRATEGIS KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 30 April 2021


Berbicara tentang Rencana Strategis KPU Kota Malang, tentunya tidak lepas dari visi, misi, dan tujuan KPU Kota Malang untuk mendukung terciptanya organisasi Komisi Pemilihan Umum yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, disertai dengan kewibawaan dan kejujuran tanpa dipengaruhi oleh entitas lain. Serta memberikan layanan terbaik di bidang Pemilihan Umum dan Pemilihan.

Melalui Keputusan KPU Kota Malang Nomor : 2.1/HK.03.1-Kpt/3573/KPU-Kot/IV/2020, KPU Kota Malang menetapkan Rencana Strategis KPU Kota Malang Tahun 2020-2024.

“Rencana Strategis (Renstra) Komisi Pemilihan Umum Kota Malang Tahun 2020-2024 merupakan pedoman selama lima tahun ke depan yang mengacu pada Rencana Strategis Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditetapkan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 197/PR.01.3-Kpt/01/KPU/IV/2020 tentang Rencana Strategis Komisi Pemilihan Umum Tahun 2020-2024,” terang Aminah Asminingtyas Ketua KPU Kota Malang yang ditemui saat melaksanakan tugas di ruang kerjanya di Kantor KPU Kota Malang pada Hari Jumat siang ini (30/04/2021).

“Pedoman Rencana Strategis ini dirumuskan untuk menjadi arahan bagi KPU Kota Malang dalam upaya mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan, dengan harapan pimpinan dan semua staf KPU Kota Malang melaksanakannya secara akuntabel dan senantiasa berorientasi pada peningkatan kinerja,” lanjut Aminah.

Pada hari yang sama, Sub Koordinator Program dan Data KPU Kota Malang Iffatunnisaa’ disela-sela aktifitasnya dalam melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan juga menjelaskan bahwa, sasaran strategis yang akan dicapai pada periode 2020- 2024, yaitu pertama mewujudkan Komisi Pemilihan Umum yang mandiri, professional dan berintegritas. “Kedua menyelenggarakan Pemilu Serentak yang demokratis, tepat waktu, efisien dan efektif,” jelas Iffatunnisaa’.

“Ketiga mewujudkan Pemilu Serentak yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” lanjutnya.

“Dalam Renstra KPU Kota Malang telah ditetapkan Indikator Kinerja Utama KPU yaitu persentase Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia/Komisi Pemilihan Umum Provinsi/KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilu/Pemilihan sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku, persentase partisipasi pemilih dalam Pemilu/Pemilihan, persentase partisipasi pemilih perempuan dalam Pemilu/Pemilihan, persentase partisipasi pemilih disabilitas dalam Pemilu/Pemilihan, persentase pemilih yang berhak memilih tetapi tidak masuk dalam daftar pemilih, persentase Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Umum/Pemilihan tanpa konflik, serta persentase sengketa hukum yang dimenangkan Komisi Pemilihan Umum,” terang Iffatunnisaa’.


(ADMIN)