Beranda / Berita

SILAHTURAHMI DITENGAH PANDEMI COVID – 19

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 23 May 2020


SILAHTURAHMI DITENGAH PANDEMI COVID – 19

Perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah jatuh pada Tanggal 24 – 25 Mei Tahun 2020. Perayaan tersebut bersamaan dengan merebaknya Pandemi COVID – 19 di Tanah Air. Pada tahun – tahun sebelumnya di Indonesia perayaan Idul Fitri biasanya dibarengi dengan silahturahmi baik antar keluarga maupun masyarakat serta saling memaafkan antar sesama. Allah SWT menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang selalu menjaga tali silahturahmi.

Menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia (Hablum Minannas) merupakan ciri keimanan dan ketakwaan umat Islam terhadap Allah SWT (Hablum Minallah). Kegiatan silahturahmi dapat menjadikan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, selain itu dapat memperluas rezeki, memberikan keberkahan dalam usia dan hubungan baik yang penuh kasih sayang dengan kerabat dan sesame, serta menjadi kunci masuk surga

Sebagaiman sabda Rasululllah dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silahturahmi.” Kemudian Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim Rasullullah bersabda, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silahturahmi.” Lebih lanjut dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silahturahmi.”

Begitu banyak hikmah dan manfaat yang dapat dipetik dengan silahturahmi. Namun dimasa Pandemi COVID – 19 kita didorong untuk menjaga jarak, aktifitas, dan kontak fisik untuk melaksanakan silahturahmi, dengan cara memanfaatkan berbagai macam online platform dan media sosial untuk tetap menjalin silahturahmi dengan teman dan keluarga.

Silahturahmi dapat dilakukan secara online atau digital sebagaimana di lansir dari https://kumparan.com menurut Ustadz Hanan Attaki, tidak ada hadis yang menetapkan bagaimana atau cara tertentu untuk menjalin silahturahmi. Lebih lanjut ditambahkan oleh Ahli Tafsir Indonesia Muhammad Quraish Shihab dalam Channel YouTube Najwa Shihab mengatakan silahturahmi memang lebih baik dilakukan dengan pertemuan fisik. Namun jauh lebih baik jika dilakukan dari hati ke hati. Apabila tidak dilakukan hari ini, bisa besok. Bisa dilakukan dengan cara yang bermacam – macam.


(ADMIN)