Beranda / Berita

Simulasi Mudahkan PPK Pahami Alur Pencalonan Perseorangan

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 30 November 2017


BLIMBING – Dalam bimtek PPK mengenai tata cara penerimaan syarat dan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil walikota Malang 2018 yang digelar oleh KPU kota Malang, selain pemaparan materi dengan ceramah, disertai juga dengan simulasi.

Simulasi yang dipandu oleh Zaenudin, ketua KPU kota Malang ini diberi nama BRIDGE (Building Resources In Democracy Governance and Election). 25 orang PPK dibagi menjadi 3 kelompok. Kemudian masing-masing kelompok memilih ketua dan juru bicara.

Simulasi di hall hotel Atria ini meliputi 3 permainan. Pertama, masing-masing kelompok diberi tugas untuk mengumpulkan benda-benda yang telah ditentukan. “Pelajaran dari permainan ini adalah mengunji kerjasama tim dan pembagian tugas yang merata. Tidak ada superman, yang ada adalah supertim” tegas Zaenudin, Rabu (29/11/2017).

Permainan kedua, masing-masing kelompok diminta mencocokkan kode form pencalonan perseorangan dengan maknanya. Sedangkan permainan ketiga, kelompok diminta mengurutkan tahapan alur pencalonan perseorangan dan partai politik. Zaenudin menjelaskan bahwa permainan ini selain membangun kerjasama juga agara PPK lebih memahami materi.


(nuzula)