Beranda / Berita

SOSIALISASI APLIKASI DASHBOARD VIRTUAL ACCOUNT DAN APLIKASI MARKETPLACE

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 24 February 2020


Malang – Kementerian Keuangan Republik Indonesia terus melakukan inovasi dalam peningkatan kualitas pengelolaan APBN. Guna menindaklanjuti arahan Menteri Keuangan, Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan bekerja sama dengan PT Bank BNI Persero memberikan Sosialisasi Aplikasi Dashboard Virtual Account Dan Aplikasi Marketplace pada Hari Kamis Tanggal 20 Februari 2020 di Gedung BNI Heritage Jalan Basuki Rahmat Nomor 75 – 77 Malang.

Kepala KPPN Malang Teddy dalam sambutannya pada acara tersebut menyampaikan, “Sesuai dengan arahan Menteri Keuangan pada kesempatan sosialisasi ini akan disampaikan program restrukturisasi pengelolaan rekening pengeluaran pada Satuan Kerja. Hal tersebut bertujuan untuk lebih menyederhanakan pengelolaan rekening pengeluaran milik Kementerian / Lembaga secara efektif, efisien, dan akuntabel. Program ini merupakan bentuk penyempurnaan optimalisasi pengelolaan uang persediaan dan tambahan uang persediaan.”

Dasar pelaksanaan restrukturisasi pengelolaan rekening pengeluaran adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 183/PMK.05/2019 tanggal 5 Desember 2019 tentang Pengelolaan Rekening Pengeluaran Milik Kementerian Negara/Lembaga. Secara umum restrukturisasi rekening pengeluaran merupakan program untuk menata rekening pengeluaran pada Kementerian / Lembaga menjadi rekening induk pada Eselon I dan Rekening Virtual pada Satuan Kerja.

“Rekening Induk pada Eselon I Kementerian/Lembaga berupa giro pemerintah yang mengkonsolidasikan seluruh rekening virtual satuan kerja vertikal dibawahnya. Sedangkan rekening virtual adalah rekening yang dipergunakan untuk menampung uang bagi keperluan belanja negara dalam rangka pelaksanaan APBN yang dikelola Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu pada Satuan Kerja,” terang Pemateri dari KPPN Malang.

Virtual account berisikan nomor ID customer yang dibuat oleh Bank sesuai permintaan Satuan Kerja untuk melakukan transaksi. Dengan adanya restrukturisasi rekening pengeluaran ini pemantauan seluruh saldo dan transaksi satker dapat dilakukan secara realtime online oleh BUN dan Eselon I masing – masing Kementerian / Lembaga.

Selain menjelaskan tentang sosialisasi virtual account, KPPN Malang juga memaparkan aplikasi marketplace untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah. Tujuannya adalah, “Menyediakan sistem pembayaran pemerintah yang efisien dan efektif, untuk mendukung efisiensi pengelolaan keuangan negara, serta meningkatkan kualitas pengelolaan kas negara.” Lanjut Pemateri dari KPPN Malangf.

Marketplace merupakan platform online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai vendor. “Manfaat yang didapatkan bagi Satuan Kerja adalah otomatisasi dan efisiensi, integrasi pengadaan, pembayaran, perpajakan, dan pelaporan, serta simplifikasi SPJ. Sedangkan bagi bank bermanfaat untuk mengembangkan pasar baru kredit layanan bagi targeted segment, serta brand mitra pemerintah.” Pungkas Pemateri dari KPPN Malang.

Bagi KPU Kota Malang sebagai instansi vertikal kepanjangan dari KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI, sosialisasi ini tentu sangat informatif dan bermanfaat untuk mewujudkan pengelolaan APBN yang lebih baik. Terlebih lagi perkembangan teknologi dan internet sangat bermanfaat bagi digitalisasi pengelolaan APBN. Ditargetkan pada Bulan Desember Tahun 2020 seluruh Satuan Kerja Kementerian / Lembaga telah menggunakan aplikasi virtual account, termasuk KPU Kota Malang.


(ADMIN)