Beranda / Berita

Sosialisasi KPU Kota Malang dalam Diskusi Publik Peran Strategis Pemudi dalam Pilkada

Ditulis Oleh: nuzula Tanggal: 11 March 2018


LOWOKWARU - Memasifkan Pendidikan Politik di segala lapisan masyarakat, KPU kota Malang bekerjasama dengan Korps HMIwati (Kohati) gelar sosialisasi Pilkada salam forum diskusi publik, Minggu (11/3/2018). Diskusi yang digelar di Teaching resto ini mengambil tema Peran Strategis Pemudi dalam Pilkada kota Malang.

Narasumber dalam diskusi ini adalah 3 orang perempuan yang bergeliat di dunia politik. Narasumber pertama adalah Aminah Asminingtyas, komisioner KPU kota Malang divisi Keuangan, Umum dan Logistik. Narasumber kedua adalah Asia Iriani yang merupakan anggota DPRD kota Malang sebagai praktisi. Dan narasumber ketiga adalah Khoirul Aniati sebagai akademisi.

"Perempuan memiliki peran strategis dalam Pilkada karena secara demografi saja jumlah perempuan lebih besar, selain itu perempuan merupakan majelis pendidikan pertama di keluarga" jelas Aminah. Aminah juga menjelaskan, di negara demokrasi seperti Indonesia yang menerapkan one man one vote, kedudukan penduduk baik laki-laki maupun perempuan sama saja. Keberadaan perempuan dalam dunia politik dapat menjadi penyeimbang rasionalitas dunia laki-laki.

Khoirul Aniati menjelaskan, masih banyak perempuan yang sibuk dengan urusan domestik padahal perempuan juga harus mengerti jalur-jalur politik. "Perempuan memiliki pengaruh besar dalam keluarga dan memperbaiki partisipasi perempuan dalam politik juga harus dimulai dari keluarga" pungkasnya.

"Perempuan dianggap sebagai penghambat demokrasi karena konstruksi masyarakat yang menganggap kodrat perempuan hanya mengurus urusan rumah tangga" jelas Asia. Lanjut Asia, kodrat perempuan adalah hal-hal yang hanya bisa dilakukan perempuan, sedangkan urusan domestik bisa saja dilakukan laki-laki. Maka perempuan juga berhak berkiprah di dunia politik.


(nuzula)