Beranda / Berita

Strategi WFH Dengan Rapat Online Dilakukan Oleh KPU Kota Malang Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 30 March 2020


Malang-Ditengah kebijakan Work From Home (WFH), bekerja di rumah, karena untuk mengantisipasi penyebaran virus dengan mengikuti protokol pencegahan virus corona/covid-19, KPU Kota Malang melakukan rapat online sesuai topik terkini. Rapat pembahasan agenda sosialisi pemilih dan pendidikan politik yang akan diusulkan ke Pemerintah Kota Malang, rencana MoU dengan pihak terkait, pengaturan sistem kerja dilingkungan KPU Kota Malang secara online selama penerapan sistem kerja dirumah atau WFH. Rapat yang diikuti oleh ketua, anggota, dan sekretaris KPU Kota Malang itu dilakukan menggunakan aplikasi grup WhatsApp dan berlanjut aplikasi Zoom Video Meeting, Sabtu (28/3/20) sore.

Rapat tersebut sengaja digelar online untuk mencegah merebaknya Covid-19 yang sedang melanda di wilayah Kota Malang. Instruksi pemerintah kepada seluruh instansi dan lembaga negara untuk bekerja dirumah, "stay at home dan physical distancing" mengakibatkan rencana program satu sampai dua bulan ke depan harus berubah dan disesuaikan.

Aminah Asminingtiyas, Ketua KPU Kota Malang membuka rapat online dengan menyampaikan aturan rapat, serta maksud dan tujuan pembahasan rapat online tersebut di grup WA. “Assalamualaikum, dan salam sejahtera, teman-teman komisioner dan sekretaris KPU Kota Malang, mari kita buka rapat online kali ini dengan penyampaian pokok bahasan kegiatan yang akan mengalami perubahan dan penyesuaian,” tulisnya di grup WhatsApp.

“Rapat online ini dimulai dengan durasi waktu tertentu yaitu kisaran 2 jam, dalam durasi waktu tersebut tidak diperkenankan untuk posting atau membahas hal lain supaya bisa fokus dan efektif dalam pembahasannya,” lanjut tulisnya di grup WA.

Rapat online selanjutnya bisa pindah ke aplikasi Zoom Video Meeting digunakan saat ada hal yang perlu dibahas dan diselesaikan secara bersama dan inten mulai dengan strategi dan rencana kerja, laporan kerja selama "stay at home" hingga kabar situasi terbaru kantor KPU Kota Malang. “Silakan melaporkan masing-masing agenda kegiatan yang perlu disesuaikan terutama pembagian tugas atau penugasan selama Work From Home,” lanjutnya.

Sekretaris KPU Kota Malang, Sailendra, telah menuangkan pembagian tugas dan pekerjaan kesekretariatan dalam sebuah surat edaran Work From Home. “Selama Work From Home (WFH), sesuai SE KPU RI, tugas dan pekerjaan telah kita atur sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing pegawai, supaya selama sistem WFH ini diterapkan bisa berjalan dengan baik dan efektif,” jelasnya.

WFH ini diberlakukan KPU Kota Malang sesuai SE KPU RI dengan melihat kondisi di wilayah Kota Malang terkait kasus penyebaran virus corona/Covid-19 yang sudah termasuk zona merah. “WFH ini hanya berlaku hingga waktu tertentu saja, setelah semua kondusif dan normal kembali, maka sistem kerja akan otomatis seperti semula,” pungkasnya. (*)


(ADMIN)