Beranda / Berita

STUDI KOMPARASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH DAN VISITASI RPP HAMUR GARUDEYA OLEH KPU KOTA BITUNG SERTA KPU PROVINSI SULAWESI UTARA

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 November 2019


Malang – Selasa 5 November 2019 KPU Kota Malang menerima Studi Komparasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 serta Visitasi Rumah Pintar Pemilu Hamur Garudeya oleh KPU Kota Bitung dan KPU Provinsi Sulawesi Utara.
Kedatangan rombongan studi komparasi yang terdiri dari Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara Salman Saelangi, Iten Imanuel Koyongian Ketua Divisi SDM dan Parmas, serta Fungsional Umum Djoni Lumiwu disambut dengan ramah dan hangat oleh Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kota Malang.
Aminah Asminingtyas Ketua KPU Kota Malang mengucapkan selamat datang dan berterimakasih telah menjadikan KPU Kota Malang sebagai tujuan studi komparasi menjelang pelaksanaan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2020. Beliau berharap dengan adanya studi komparasi ini, dapat saling memberikan manfaat, referensi, serta berbagi pengalaman terkait pelaksanaan pemilu di masing – masing daerah.
Anggota KPU Kota Bitung Iten Imanuel Koyongian selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas menjelaskan, “Menjelang pelaksanaan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2020, KPU Bitung tertarik akan beberapa hal pengalaman pelaksanaan Tahapan Pemilukada di Kota Malang. Seperti perencanaan anggaran hingga penandatangan NPHD, persoalan ataupun tantangan pemutakhiran data pemilih, metode dan strategi sosialisasi, profil daerah Kota Malang, serta Konsep RPP KPU Kota Malang.”
Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menjelaskan, “Pembahasan RAB untuk Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2018 telah disusun sejak 2 tahun sebelum diajukan ke Pemkot Malang. Setiap minggu KPU Kota Malang menggelar rapat koordinasi guna membahas besaran anggaran yang diperlukan untuk dituangkan pada NPHD. Jadi dalam penyusunan RAB betul – betul dilakukan secara matang. Hingga proses penandatangan NPHD, KPU Kota Malang tidak henti-hentinya berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan jajaran forkopimda di Kota Malang. Rajin – rajin berkonsultasi dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, KPU RI, serta Pemkot Malang. Kemudian untuk pemutakhiran data, dengan jumlah DPT sebesar enam ratus ribu lebih dengan 1400 TPS, KPU Kota Malang dapat menyelenggarakan Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2020 dengan lancar dan sukses. Kota Malang memiliki 5 Kecamatan, namun jumlah penduduknya cukup padat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pendatang yang betah tinggal di Kota Malang. Untuk strategi dan metode sosialisasi yang digunakan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat diantaranya dengan banyak melakukan tatap muka dengan berbagai segmen-segmen pemilih, memaksimalkan fungsi dan peranan website dan media social untuk mengupdate kegiatan dan tahapan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, menggandeng industri kreatif di bidang seni dan media massa untuk mengemas dan mempublikasikan acara kegiatan dan tahapan Pilwali Kota Malang menjadi menarik dan apik. Seringkali juga dalam melakukan sosialisasi Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Malang menggabungkan dengan kegiatan – kegiatan kemasyarakatan di Kota Malang.”
Selain mencari bahan referensi untuk menyongsong Pemilihan Umum Serentak Tahun 2020, KPU Kota Bitung juga menyatakan tertarik dengan Konsep RPP Hamur Garudeya milik KPU Kota Malang. RPP yang diberi nama Hamur Garudeya ini diresmikan oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Muhammad Arbayanto pada 5 April Tahun 2017. Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program dari KPU RI ini bisa menyediakan ruang khusus bagi masyarakat untuk mengetahui informasi soal pemilu secara nasional. Fasilitas yang ada pada RPP Hamur Garudeya mengenai pemilu, antara lain perpustakaan, media audio visual, dan gambar – gambar sejarah Pemilu di Indonesia. Nama Hamur Garudeya ini dipilih karena mengandung makna filosofis yang mendalam. Hamur adalah rumah (bahasa walikan Malang). Garudeya merupakan lambang Burung Garuda yang memayungi dan melindungi Ibu Pertiwi dari segala ancaman serta marabahaya.


(ADMIN)