Beranda / Berita

STUDI KOOPERATIF DAN VISITASI RPP HAMUR GARUDEYA OLEH KPU KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 10 January 2020


Malang – Hari Kamis Tanggal 9 Januari Tahun 2020, KPU Kota Malang mendapatkan kehormatan untuk kesekian kalinya dikunjungi oleh KPU, KPU serta Provinsi dan KPU Kabupaten / Kota Se – Indonesia. Kali ini KPU Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat berkunjung ke KPU Kota Malang dalam rangka studi kooperatif dan sharing informasi pengalaman Pemilihan yang telah dilaksanakan.

Rombongan KPU Kabupaten Tanah Datar terdiri dari Ketua Fahrul Rozi, Erlonadi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar Adrion Nurdal, Kepala Sub Bagian Umum Amrullah, beserta staf pelaksana umum.

Tiba di KPU Kota Malang pada Pukul 11.00 WIB rombongan disambut hangat oleh Ketua, Komisioner, dan Sekretaris KPU Kota Malang di ruang PPID. Hal – hal yang didiskusikan diantara mengenai teknis penyelenggaraan Pemilihan, bimbingan teknis kepada Badan Ad Hoc, perencanaan dan pelaksanaan logistik, mekanisme pelaporan anggaran Pemilihan.

Fahrul Rozi menjelaskan, “KPU Kabupaten Tanah Datar saat ini sedang menjalankan tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 bersamaan dengan KPU Provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut cukup membantu anggaran untuk pelaksanaan kegiatan, karena dengan dilakukan sharring anggaran dengan KPU Provinsi. Untuk itu kami ingin mempelajari dan mengetahui informasi serta pengalaman yang telah dilakukan KPU Kota Malang dalam melaksanakan Pemilihan.” Dengan jumlah 14 Kecamatan dan 75 Desa, KPU Kabupaten Tanah Datar memiliki DPT sebanyak kurang lebih 276.000.

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menjelaskan, “Pemilihan Tahun 2018 di Kota Malang berlangsung secara aman dan kondusif. Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Malang diselenggarakan bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, terdiri atas 3 Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota. Dalam beberapa kegiatan dilakukan sharring anggaran dengan KPU Provinsi Jawa Timur. Dalam proses pembuatan RAB untuk NPHD dilakukan koordinasi dan komunikasi yang intesif dan berkesinambungan dengan Pemerintah Kota Malang. Pembuatan RAB Pemilihan Tahun 2018, telah dimulai sejak 2 tahun sebelum pelaksanaan Pemilihan. Selain itu dalam hal pengadaan dan pendsitribusian logistik pada saat Pemilihan relatif lancar dan tepat waktu sampai ke TPS.”

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Teknis Penyelenggaraan Deny Rachmat Bachtiar juga menambahkan, “Dalam pelaksanakan Bimbingan Teknis kepada bada ad hoc sebaiknya tidak hanya diberikan materi, namun juga dibekali dengan simulasi atau praktek. Bimtek tersebut juga dapat dibagi untuk masing – masing badan ad hoc. Sehingga dapat lebih intensif.”


(ADMIN)