Beranda / Berita

TEKNIK PENYUSUNAN KEPUTUSAN DI LINGKUNGAN KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 5 February 2020


Malang - Hari Rabu Tanggal 5 Februari Tahun 2020 Pukul 11.30 WIB KPU Kota Malang menggelar kajian kepemiluan dengan mengangkat tema teknik penyusunan keputusan di lingkungan KPU Kota Malang. Kajian kepemiluan tersebut diselenggarakan di Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 Malang.
Materi dipaparkan oleh Kepala Subbagian Hukum Antung Amiludinsyah beserta staf Dian Fitasari. Dalam pemaparannya Antung Amiludinsyah menjelaskan bagian - bagian dari keputusan diantaranya Judul, Pembukaan, Batang Tubuh, Penutup; dan Lampiran (jika diperlukan).
Selain itu disampaikan juga format Keputusan KPU dan Keputusan Sekretaris KPU Kota Malang berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 1442 / HK.03-Kpt/03/KPU/XI/2019 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Keputusan Di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum.
Diakhir pemaparan disampaikan proses otentifikasi dan publikasi keputusan yang telah dibuat. “Keputusan yang diedarkan dan/atau digandakan adalah salinan sesuai dengan aslinya dan ditandatangani dengan menggunakan tinta berwarna biru atau ungu. Keputusan hanya boleh beredar jika salinannya telah disahkan oleh Kepala Sub Bagian Hukum yang diberi wewenang untuk mengesahkan, serta diberi cap dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”
“Dalam menyusun keputusan harus memenuhi prinsip - prinsip sebagai berikut; 1. Ketelitian, dalam membuat keputusan harus mencerminkan ketelitian dan kecermatan, baik dalam bentuk, susunan, pengetikan, isi, struktur, kaidah bahasa, dan penerapan kaidah ejaan di dalam pengetikan. 2. Kejelasan, keputusan harus memperlihatkan kejelasan maksud dari materi yang dimuat dalam keputusan. 3. Logis dan singkat, keputusan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang formal, logis secara efektif, singkat, padat, dan lengkap sehingga mudah dipahami bagi pihak yang menerima keputusan. 4. Pembakuan, keputusan harus taat mengikuti aturan baku yang berlaku sehingga dapat menjamin terciptanya arsip yang autentik dan terpercaya.” Imbuh Antung Amiludinsyah.
Dengan berpedoman pada prinsip diatas diharapkan produk keputusan yang dikeluarkan KPU Kota Malang sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku sebagai bentuk pelaksanaan dari Peraturan KPU, Keputusan KPU, dan peraturan perundang – undangan lainnya, serta mengikat KPU Kota Malang, Sekretariat Kota Malang, dan pihak lain yang diatur dalam keputusan tersebut.


(ADMIN)