Beranda / Berita

TINDAK LANJUT PENANDATANGANAN MOA DENGAN FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Ditulis Oleh: KPU Kota Malang Tanggal: 15 October 2020


Setelah penandatanganan Nota Persetujuan/Memorandum of Agreement (MoA) tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia antara Komisi Pemilihan Umum Kota Malang dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya resmi dilakukan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas dan Dekan FISIP Universitas Brawijaya Sholih Mu'adi melanjutkan pertemuan untuk segera menindaklanjuti substansi MOA.

Sholih Mu’adi mengungkapkan bahwa, “Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya memang membutuhkan kerjasama di segala bidang keilmuan, utamanya di tataran praktis, sehingga MOA yang dilakukan dengan praktisi penyelenggara Pemilu seperti KPU Kota Malang memang sangat diperlukan. Baik untuk mahasiswa maupun dosen.”

Menanggapi hal tersebut Aminah Asminingtyas juga mengungkapkan, “KPU sebagai kembaga negara yang tugasnya adalah menyelenggara Pemilu dan juga Pemiihan didalam menjalankan tugas dan fungsinya tentu tidak akan bisa berjalan sendirian. Untuk dapat dikatakan berhasil dalam melaksanakan Pemilu atau Pemilhan, salah satu tolok ukurnya adalah, tingginya partisipasi warga pemilih.”

Lebih lanjut Aminah Asminingtyas menjelaskan, “Untuk dapat memenuhi target partisipasi pemilihan tersebut, perlu dilakukan sosialisasi yang berkesinambungan dan masif, serta literasi politik dari semua elemen baik mayarakat juga stakeholder yang ada. Maka menjadi satu keniscayaan, adanya diperlukan kerjasama dengan para pihak tersebut, termasuk dengan akademisi atau perguruan tinggi, pemerintah, organisasi masyarakat, Partai Politik, dan lain - lain. Sehingga hasil dari Pemilu atau Pemilihan betul - betul menghasilkan pemimpin yang ideal.”


(KPU Kota Malang)