Beranda / Berita

Ketua KPU RI Paparkan Isu-isu Strategis Pemilu 2019

Ditulis Oleh: KPU Tanggal: 9 August 2017


Alt Image

VETERAN – Jelang dilaksanakannya UU Pemilu 2019, Ketua KPU RI memaparkan sejumlah isu strategis. Karena itu, jajaran KPU diminta untuk memahaminya demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu.
Ketua KPU RI Arif Budiman mengatakan tentang pentingnya KPU Kabupaten/Kota untuk mengetahui dan memahami isu-isu strategis terkait Undang-Undang Pemilu yang baru. “Rapat koordinasi dan konsolidasi itu sangat penting untuk menyamakan persepsi. Hati-hatilah terkait kebijakan. Dari hal-hal yang terkecil sekalipun”, kata Arief Budiman memulai paparannya.

“5 isu krusial yang diatur dalam RUU Pemilu yaitu Presidential Threshold, Parliamentary Threshold, Sistem Pemilu Terbuka, Dapil Magnitude dan Metode konversi suara penting harus dipahami. Bagi KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan 2 Pemilihan Kepala Daerah harus ekstra kerja keras”, sambung Arief Budiman.
Selanjutnya Ketua KPU RI ini melanjutkan penjelasan tentang penyusunan PKPU pasca ditetapkannya UU Pemilu, tahapan verifikasi parpol peserta Pemilu 2019 dan hal-hal lain terkait dengan perkembangan Pemilu.
Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito menyampaikan agar peserta Rakor mampu memahami secara baik Undang-Undang Pemilu. “Kita hadirkan Ketua KPU RI dalam agenda hari ini. Karena beliau terlibat dari awal terkait dengan penyusunan Undang-Undang Pemilu. Kami harapkan beliau dapat memberikan informasi terkait hal ini agar kita dapat bersama memahami Undang-Undang Pemilu dengan baik. Kita juga akan diskusikan perkembangan dan informasi terbaru”, lanjut Eko Sasmito.
(Yoga Tri)


(KPU)