Beranda / Berita

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 1 October 2019


Malang - 1 Oktober 2019, bertempat di halaman Kantor KPU Kota Malang Jalan Bantaran Nomor 6 dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 14 Tahun 2019.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Komisioner KPU Kota Malang Divisi Hukum dan Pengawasan Izzudin Fuad Fathony. Upacara tersebut dihadiri oleh Anggota dan sekretariat KPU Kota Malang. Susunan teknis penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 berpedoman pada Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 109497/MPK.E/TU/2019 Perihal : Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 adalah “Pancasila Sebagai dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” diseluruh tingkatan KPU RI.

Tujuan dari pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 adalah untuk memelihara dan menguatkan jiwa nasionalisme dan nilai - nilai luhur Pancasila sebagai landasan moral dan etika berbangsa dan bernegara serta mempererat persaudaraan Bangsa Indonesia yang berbhineka dalam bingkai Negara Kesatuan Repiblik Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia yang telah dibuktikan dengan nilai - nilai luhurnya telah menjadi penguat dan perekat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Dalam keberagamannya, Bangsa Indonesia telah melalui ancaman dan hantaman para pihak yang ingin menghancurkan persatuan dan kedaulatan bangsa, seperti dengan banyak beredarnya berita - berita Hoax atau belum tentu kebenarannya. Akan tetapi dengan adanya semangat Pancasila dan persatuan kesatuan telah berhasil membawa Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh, mandiri, dan berdaulat. Oleh karena itu kita wajib meneladani, memupuk, dan menguatkan nilai - nilai Pancasila sebagai wujud kecintaan kita pada NKRI. Sebagaimana tertuang didalam Surat Edaran KPU RI Nomor 14 Tahun 2019.


(ADMIN)