Beranda / Berita

VISITASI RUMAH PINTAR PEMILU HAMUR GARUDEYA KPU KOTA MALANG OLEH MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 17 March 2020


Malang - Pada Hari Senin Tanggal 16 Januari 2020 Pukul 14.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menerima visitasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Hamur Garudeya dari mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang di Kantor KPU Kota Malang.

Rombongan yang datang terdiri dari 1 orang mahasiswa, dan 6 orang mahasiswi angkatan Tahun 2017. Risa Aulia Inayah salah seorang mahasiswa mengungkapkan, “Kedatangan kami ke Kantor KPU Kota Malang ini awalnya untuk melakukan wawancara dan observasi terkait mata kuliah lembaga negara yang sedang ditempuh, akhirnya kami juga tertarik untuk mengamati lebih jauh dan dekat isi RPP Hamur Garudeya milik KPU Kota Malang.”

“Konsepnya sangat eye catching dan informatif. Saya merasa nyaman disini. Selain itu para Komisioner KPU Kota Malang yang memandu visitasi sangat telaten dalam mengarahkan dan menjelaskan informasi - informasi tentang Pemilu yang terpampang di setiap dinding RPP,” jelas M. Nurulloh Bestami salah seorang mahasiswa dalam rombongan tersebut.

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan dihadapan para pengunjung RPP bahwa, “RPP ini akan terus dikembangkan dengan menggunakan teknologi dan infrastruktur yang lebih baik, modern, sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Sehingga dapat mengakomodir segala bentuk kebutuhan data maupun informasi tentang Pemilu dan Pemilihan yang dibutuhkan masyarakat. Karena fungsi RPP ini pada hakikatnya merupakan sarana untuk melakukan edukasi nilai - nilai demokrasi dan kepemiluan kepada masyarakat.”

RPP Hamur Garudeya KPU Kota Malang memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari segi sarana dan prasarananya. Materi atau konten - konten yang disajikan cukup lengkap, terdiri dari sejarah Pemilu, pentingnya nilai Pemilu dan demokrasi, sistem Pemilu, tahapan Pemilu, peserta Pemilu, proses pemilihan, serta profil penyelenggara Pemilu.

Dari segi sarana atau infrastrukturnya, RPP Hamur Garudeya memiliki fasilitas audio visual, ruang pameran (display), dan ruang diskusi bagi para pengunjung dan pemandu visitasi atau pun invitasi RPP untuk berinteraksi dan berdiskusi seputar kepemiluan.


(ADMIN)