Beranda / Berita

WAWANCARA MAHASISWA UNMER TERKAIT SOSIALISASI PRODUK HUKUM KPU KOTA MALANG

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 25 February 2021


Pada Hari Rabu Tanggal 24 Februari Pukul 13.00 WIB bertempat di Kantor KPU Kota Malang, 2 (dua) mahasiswa FISIP Universitas Merdeka Malang (UNMER) Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan wawancara dengan Komisioner KPU Kota Malang Izzudin Fuad Fathony.

“Wawancara ini dilakukan dalam rangka memenuhi syarat laporan Praktek Kerja Magang (PKM),” tutur Yohanes Mansuetus Wea salah satu mahasiswa.

“Selain itu untuk meneliti efektifitas strategi sosialisasi terkait produk hukum KPU Kota Malang kepada peserta pemilu dan masyarakat secara umum,” terang Kristianus Rudianto.

Terkait hal tersebut, Izzudin Fuad Fathony, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Malang menyampaikan salah satu upaya KPU Kota Malang untuk mendayagunakan, memberikan pelayanan, serta menyosialisasikan informasi produk hukum melalui JDIH KPU Kota Malang. “JDIH KPU Kota Malang merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta sarana pemberian pelayanan informasi hukum KPU Kota Malang secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat,” jelas Izzudin.

Izzudin melanjutkan teknis pengunggahan produk hukum di JDIH KPU Malang tediri dari pengolahan dokumen, pengunggahan, dan publikasi informasi. Dari JDIH KPU Kota Malang, masyarakat atau stakeholder terkait dapat dengan mudah melakukan penemuan dan pencarian kembali produk hukum terkait kepemiluan. “Jadi dengan adanya program JDIH ini akan mempermudah dalam pencarian juga penemuan dokumentasi dan informasi produk hukum,” lanjutnya.

Izzudin juga menjelaskan beberapa fitur menu dalam JDIH KPU Kota Malang terkait dokumentasi dan informasi produk hukum kepemiluan. “Jadi, didalam program JDIH ini ada fitur menu informasi dan dokumentasi produk hukum kepemiluan,” pungkasnya.

Pengelolaan JDIH KPU Kota Malang juga bertujuan mewujudkan informasi dan peraturan terkait kepemiluan yang lengkap dan sistematis serta mudah diakses oleh siapapun. “JDIH juga dapat menunjang kelancaran tugas-tugas KPU, peserta pemilu, stakeholder terkait dokumentasi dan informasi peraturan kepemiluan, serta masyarakat umum dalam partisipasinya,” ungkapnya sambil mengajak mahasiswa UNMER tersebut untuk turut mengakses program JDIH KPU Kota Malang yang juga terintegrasi dengan JDIH KPU RI.


(ADMIN)