Beranda / Berita

KPU Kota Malang Hadiri Peluncuran Buku Tentang Pemilukada yang Ditulis oleh Kapolresta Malang

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 12 June 2021


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menghadiri acara launching buku tentang Pemilihan yang ditulis oleh Kapolresta Malang DR. Leonardus H. Simarmata, MH., Buku tersebut ditulis berdasar pengalamannya saat bertugas di Kota Batu.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata meluncurkan buku yang diberi judul ‘Optimalisasi Sentra Gakkumdu dan Peran Polri Dalam Penyelenggaraan Pemilu yang Efektif dan Demokratis’
di UB Coffe, Jln. MT. Haryono, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jumat (11/06/2021), siang.

Sebuah buku yang berisi kajian tentang Pemilihan, hasil desertasi berawal dari penanganan Pemilihan Kota Batu. Mengingat, banyak permasalahan secara filosofi hukum terkait Pemilihan.

“Buku ini saya tulis berdasar analisa, kajian, dan koordinasi selama bertugas di Gakkumdu saat Pemilihan. Yakni Polri, Bawaslu dan Kejaksaan. Diterbitkan Grasindo Gramedia akhir Juni 2021. Dan semoga kedepannya bisa lebih konsisten menulis buat buku lagi, sambil bertugas sebagai polisi,” terang Leonardus yang juga penulis buku tersebut sambil mohon doa dan dukungan kepada seluruh peserta launching buku.

Pada kesempatan itu, Leonardus juga pamit kepada para pengajar terutama di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, guru besar, dan seluruh civitas akademika Universitas Brawijaya, dan pimpinan kampus di Kota Malang, serta seluruh masyarakat Kota Malang, karena dirinya segera pindah tugas di Mabes Polri.

Peluncuran buku Pemilihan tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Rochani, Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtiyas, Bawaslu Kota Malang, Pejabat Polresta Malang Kota, Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof. Nuhfil Hanani, Rektor Universitas Wisnuwardhana Kota Malang Prof. Suko Wiyono, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Abdul Haris, Dekan Fakultas Hukum Universitas Prof. Ali Syafaat, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Malang DR. Nur Subeki, serta perwakilan dari berbagai Universitas di Kota Malang.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtiyas menyampaikan apresiasi atas peluncuran buku Pemilihan hasil karya Kapolresta Malang Kota tersebut. “Selamat dan sukses ya Pak Leo, atas peluncuran buku Pemilihan-nya, dan meraih gelar puncak akademiknya di Universitas Brawijaya, meskipun ditengah aktifitas tugas kepolisian masih sempat menulis buku tentang Pemilihan Kota Batu,” ucapnya seusai foto bersama Kapolresta yang akan ditugaskan di Mabes Polri tersebut.

Aminah menyampaikan bahwa buku tersebut sangat bermanfaat terutama bagi penyelenggara pemilu dan pemilihan kepala daerah. “Buku ini sangat bermanfaat bagi kami selaku penyelenggara pemilu di wilayah Malang raya, karena Kota Batu juga berdekatan dengan wilayah Kota Malang,” tambahnya.

Diakhir, Aminah juga berharap tetap konsisten menulis buku dan menjaga silaturrahim dengan KPU kota Malang.
“Semoga tetap konsisten menulis bukunya, ya Pak Leo, semakin sukses di karir kepolisian selanjutnya, dan juga ingat kami yang di Malang,” pungkasnya sambil tersenyum.


(ADMIN)