Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG MENGIKUTI KELAS TEKNIS MENYONGSONG 2024 BERTAJUK PEMUNGUTAN SUARA

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 7 September 2021


KPU Kota Malang kembali mengikuti pelaksanaan Kelas Teknis Menyongsong 2024 bertajuk Penghitungan Suara yang diselenggarakan secara daring oleh KPU Provinsi Jawa Timur pada Selasa (7/9/2021) Pukul 10.00 WIB.

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan tersebut Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tuban Nur Hakim, dan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Lumajang Nur Ismandiana. Sedangkan moderator pada Kelas Teknis Menyongsong 2024 diemban oleh Sub Koordinator Hukum KPU Kabupaten Lumajang, Ida.

Pada Sesi Pertama Nur Hakim memaparkan Dukungan Teknis dan Perlengkapan Pemungutan Suara. Menurut Nur Hakim, Dukungan Teknis atau Technical Support adalah layanan yang diberikan oleh Satuan Kerja (KPU Kabupaten/Kota) dengan segala sumberdaya yang ada untuk membantu dan mensukseskan terselengarakanya pemilihan yang baik dalam setiap tahapan. “Berdasarkan ketentuan Pasal 1 Angka 23 Peraturan KPU Republik Indonesia Tahun 2018 tentang Norma, Standar, Prosedur, Kebutuhan Pengadaan Dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilu adalah perlengkapan yang digunakan dalam Penyelenggaraan
Pemilu, meliputi Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya,” tutur Nur Hakim.

“Perlengkapan Pemungutan Suara disini adalah perlengkapan yang digunakan dalam pemungutan suara dan secara langsung mendukung Penyelengggaraan Pemilu, sementara itu Dukungan Perlengkapan Lainnya adalah perlengkapan yang digunakan untuk menjaga keamanan, kerahasiaan, dan kelancaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” lanjut Nur Hakim.

Sedangkan pada sesi kedua, Nur Ismandiana menjelaskan potensi permasalahan serta solusi dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Sesi selanjutnya seperti biasa dilaksanakan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan pemateri. Pelaksanaan Kelas Teknis Menyongsong 2024 kali ini berlangsung sangat menarik hingga Pukul 13.30 WIB. Dipenghujung kegiatan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Timur dan Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan arahan dan tanggapan terkait proses pemungutan suara.


(ADMIN)