Beranda / Berita

KPU KOTA MALANG MENGIKUTI SOSIALISASI, PUBLIKASI, DAN KOORDINASI PEMBENTUKAN BADAN ADHOC UNTUK PEMILU DAN PEMILIHAN TAHUN 2024

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 8 September 2021


Menyambung kegiatan Knowledge Sharing Pembentukan Badan AdHoc Untuk Pemilu dan Pemilihan Umum Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar rapat daring pada hari Rabu tanggal 8 September 2021. Knowledge sharing pada kesempatan kali ini mengambil tema Sosialisasi, Publikasi, dan Koordinasi Pembentukan Badan AdHoc Untuk Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Narasumber dalam acara ini adalah Anggota KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal, Pembahas dari KPU Kabupaten Trenggalek Nurani, serta Moderator dari KPU Kota Probolinggo Penata Kelola Ahli Muda Qori Mughni Kumara.

Radfan Faisal menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi yang berpotensi menjadi masalah dalam tahapan pembentukan Badan AdHoc yaitu masalah periodeisasi, pendaftar yang terdeteksi masih menjadi kader parpol, kesiapan SDM dan teknologi informasi dalam pengelolaan database, serta pandemi COVID-19 yang berpotensi menurunkan jumlah pendaftar serta membuat akses untuk pertemuan tatap muka semakin terbatas. Potensi masalah tersebut menurut Radfan dapat diatasi atau setidaknya diminimalkan dengan meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait di luar masa tahapan sekalipun, memastikan ketersediaan anggaran, sarana dan prasarana dalam hal teknologi informasi dan piranti pendukungnya, serta melakukan pendampingan dan bimtek secara intensif untuk perbaikan di bidang SDM.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Nurani dari KPU Kabupaten Trenggalek menyatakan bahwa terdapat masalah salah persepsi pendaftar untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. Nurani mencontohkan ada kejadian pendaftar yang mengurus surat keterangan tidak pernah dihukum pidana ke pengadilan, padahal dalam syarat yang diminta oleh KPU hanya surat keterangan saja yang ditandatangani oleh pendaftar yang bersangkutan. Hal ini membuat pendaftar tersebut batal untuk mendaftar sebagai badan AdHoc. Acara knowledge sharing yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini ditutup oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang Rochani.

Hadir dalam pertemuan tersebut, KPU Kota Malang sebagai peserta yang terdiri dari Komisioner, Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik, Sub Koordinator, serta Fungsional Umum.


(ADMIN)