Beranda / Berita

PENYAMPAIAN MATERI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMUNGUTAN, PENGHITUNGAN, DAN REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN SUARA

Ditulis Oleh: ADMIN Tanggal: 29 July 2021


Pada Hari Rabu Tanggal 28/7/2021 Laboratorium Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan webinar Sistem Politik Kepartaian dan Pemilu Indonesia dengan tema “Peluang dan Tantangan Penerapan Teknologi Informasi dalam Teknis Pungut Hitung dan Rekapitulasi.” Pelaksanaan kegiatan webinar ini diisi oleh 3 narasumber salah satunya Erfanudin selaku anggota KPU Kota Batu. Secara lebih rinci Erfanudin menjelaskan materi penggunaan teknologi informasi dalam pungutan, penghitungan, dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

“Dalam sistematika tahapan Pemilu, ada beberapa jenis IT yang telah digunakan oleh KPU, di antaranya SIDAPIL, SIPOL, SILON, SITAP, SILOG, SIDALIH, SIPARMAS, SIDAKAM, SITUNG, dan SIREKAP,” tutur Erfanudin.

Lebih lanjut Erfanudin menjelaskan, Aplikasi SITUNG, digunakan pada kegiatan Pemilu di Tahun 2019. “Penggunaan SITUNG di Tahun 2019 kemudian digantikan oleh SIREKAP pada 2020 dengan dikeluarkannya Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 597/PL.02.2-Kpt/06/KPU/XI/2020 tentang Petunjuk Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020,” sambungnya.

“Dengan adanya aplikasi SIREKAP ini diharapkan dapat menginput data secara otomatis, waktu yang dibutuhkan cukup cepat, serta sarana infrastruktur yang digunakan murah,” jelas Erfanudin.

Erfanudin juga menerangkan bahwa “Hingga saat ini KPU masih mencoba untuk meningkatkan kualitas dari penggunaan teknologi dalam pelaksanaan pemilihan kedepannya.”

“Untuk dapat menerapkan teknologi informasi dalam Pemilu dibutuhkan regulasi yang memadai, kesiapan teknologi yang berkualitas, pencerdasan kepada penyelenggara maupun masyarakat, dan menghindari hal-hal teknis yang tidak diinginkan seperti peretasan, gangguan jaringan, dan lain sebagainya,” pungkas Erfanudin dihadapan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang.


(ADMIN)